Minggu, 01 Mei 2011
Resume PBO // part 1 //
6:13 AM | Diposting oleh
MoMoo shi Flow |
Edit Entri
Pemrograman berorientasi objek( OOP) merupakan pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi dalam paradikma ini di bungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek.
Tujuan PBO:
1. Konsep Object Oriented
2. Applied Object program
Alasan perlunya mempelajari PBO:
1. Untuk mempelajari bhs.pemrograman sebagai perintah dalam mengoperasikan komputer.
2. Konsep modular : dibangun dari bagian object.
A. ABSTRAKSI terdiri dari real wordl, model dan filtering.
contoh: dalam data-data obyek seperti rumah, yang dibutuhkan adalah:
* Pintu
*Jendela
* Saklar
* Alamat
* Warna
*Lampu
Filtering merupakan memilih data, proses dan sesuatu yang relevan.
contoh: Data mahasiswa:
* NIM
* Nama
* Prodi
* Alamat
B. ENCAPSULATION terdiri dari Information,hiding (memilih data-data ke area private,data dan proses dibungkus kedalam class).
Contoh: Sistem Informasi Bank
- Abstraction:
a. Transaksi: setor,tarik,transfer,lihat saldo
b. Kredit
c. Deposito
d. Tukar Uang
e. Nasabah: no.rekening,nama,alamat,saldo
- Encapsulation
a. Nasabah
1. Data: no.rek, nama, alamat, saldo (data disembunyikan/private)
2. Proses: setor, tarik, transfer, cek saldo (data untuk public)
C. INHERITANCE (permodelan class)
a.Penurunan
b.Induk
c.Anak
Contoh Penurunan:
D. Polimorph merupakan class-class turunan atau juga bisa di sebut perilaku yang berbeda.
OBJECT N CLASS
Contoh dari object n class:
Tujuan PBO:
1. Konsep Object Oriented
2. Applied Object program
Alasan perlunya mempelajari PBO:
1. Untuk mempelajari bhs.pemrograman sebagai perintah dalam mengoperasikan komputer.
2. Konsep modular : dibangun dari bagian object.
Konsep dasar dari Pemrograman Berorientasi Objek
1. Kelas merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object atau juga bisa di sebut sebagai definisi dari object.
2. Object ialah yang membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer. Objek tersebut dapat di artikan:
a.Sebuah benda
b.suatu yang memiliki identitas dan mempunyai kepribadian
c.Sebuah object harus mempunyai peran
d.Sebuah object terdiri dari object-object lain
3. Pilar yang terdiri dari abstraction, encapsulation, inheritance dan polimorph.
A. ABSTRAKSI terdiri dari real wordl, model dan filtering.
contoh: dalam data-data obyek seperti rumah, yang dibutuhkan adalah:
* Pintu
*Jendela
* Saklar
* Alamat
* Warna
*Lampu
Filtering merupakan memilih data, proses dan sesuatu yang relevan.
contoh: Data mahasiswa:
* NIM
* Nama
* Prodi
* Alamat
B. ENCAPSULATION terdiri dari Information,hiding (memilih data-data ke area private,data dan proses dibungkus kedalam class).
Contoh: Sistem Informasi Bank
- Abstraction:
a. Transaksi: setor,tarik,transfer,lihat saldo
b. Kredit
c. Deposito
d. Tukar Uang
e. Nasabah: no.rekening,nama,alamat,saldo
- Encapsulation
a. Nasabah
1. Data: no.rek, nama, alamat, saldo (data disembunyikan/private)
2. Proses: setor, tarik, transfer, cek saldo (data untuk public)
a.Penurunan
b.Induk
c.Anak
Contoh Penurunan:
D. Polimorph merupakan class-class turunan atau juga bisa di sebut perilaku yang berbeda.
OBJECT N CLASS
Contoh dari object n class:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Visitor
Label
- DBA (9)
- E-Business (1)
- KULIAH (18)
- PBO (8)
- PESIM (1)
Pengikut
Obrolan
About Me
- MoMoo shi Flow
- Seorang gadis lahir di 31 Januari 1992, yang kini sudah remaja dan berkuliah di STIKOM surabaya ini bernama Mirajtanni P.S tapi sebut saja mia supaya akrab. cewek yang hobby banget ama jalan-jalan obat yang paling mujarap untuk mengobati kepenatan adalah makan bakso dengan tanpa ijo-ijo di sertai sambel yg sedang tp jgn lupa sedikit garam_nya ya. haha.
0 komentar:
Posting Komentar